top of page
Berita edit.jpg

Berita

Transformasi Kesehatan Argon Group Pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59



Argon Group mendukung kemandirian kesehatan nasional dengan berpartisipasi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI pada Kamis 9 November 2023, di Jakarta Convention Center.

Sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” Argon Group menunjukan transformasi pada inovasi produk-produk alat kesehatan produksi manufaktur dalam negeri melalui lini usaha PT Deca Metric Medica (DMM) dan transformasi digital kesehatan melalui produk digital dari PT Karsa Inti Tujuh Askara (KITA).


Dalam pemaparannya Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk berbelanja obat dan produk alat kesehatan dalam negeri. Hal ini terlihat dari belanja kesehatan dalam negeri terus mengalami peningkatan.


“Belanja obat dan alkes dalam negeri juga meningkat. Di tahun 2020 sekitar Rp 4,5 triliun anggaran belanja untuk bahan baku obat, sekarang Rp 9 triliun sudah digunakan untuk belanja bahan obat dalam negeri,” ujar Bapak Budi Gunadi.


Sementara itu Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin menyampaikan dalam upaya untuk mencapai resiliensi kesehatan maka perlu ditingkatkan inovasi dan penguasaan teknologi kesehatan. “Kita harus sungguh sungguh menyadari bahwa inovasi dan teknologi kesehatan merupakan wajah perdaban masa depan,” kata Bapak Ma’ruf Amin.


Sebagai kelompok usaha distribusi dan pemasaran produk kesehatan serta manufaktur alat kesehatan dalam negeri, Direktur Utama Argon Group Bapak Krestijanto Pandji mengatakan Argon Group terus melakukan inovasi dan mengembangkan serta memanfaatkan teknologi untuk mewujudkan kemandirian kesehatan nasional.

Melalui dua lini usaha, DMM telah berhasil melakukan produksi alat-alat kesehatan nasional seperti Wide Area Fixation (DecaFix) yang ber-TKDN tinggi, Sterile Transparent Wound Dressing with Absorbent Pad (Decamed-T), Paper Tape with Dispenser (DecaPore) serta Surgical Scrub (DecaCare). Produk alat kesehatan dalam negeri tersebut juga telah masuk dalam sistem e-katalog.


Sementara PT KITA, mengembangkan platform e-commerce GPOS B2B dan aplikasi Apotek GPOS Lite untuk memudahkan pemesanan produk farmasi dan alat kesehatan dan manajemen apotek. Solusi digital ini membuat akses masyarakat terhadap produk kesehatan akan semakin mudah.

“Inovasi yang dilakukan oleh Argon Group melalu Deca Metric Medica dan PT KITA merupakan upaya nyata untuk mewujudkan kemandirian industri farmasi dan alat kesehatan nasional sesuai dengan tranformasi sistem ketahanan kesehatan nasional,” ujar Bapak Krestijanto Pandji.

Comments


bottom of page