top of page
Berita edit.jpg

Berita

PERSIAPAN YANG BAIK SEBELUM INTERVIEW KERJA BAGI PEMULA

Bagi para pencari kerja pemula, rasa senang bercampur grogi dan cemas kerap kali muncul ketika akan menghadapi sebuah interview kerja. Tentunya ini tidak mengherankan karena memang pengalaman pertama bagi mereka.


Meski demikian, jangan sampai perasaan grogi dan cemas tersebut menyebabkan kamu gagal dalam interview. Jadi, singkirkan perasaan tersebut dan mulailah mempersiapkan diri kamu dengan maksimal.Untuk membantu kamu mempersiapkan diri, berikut beberapa cara menghadapi interview kerja bagi pemula yang perlu kakmu ketahui.


1. Mempelajari tentang perusahaan

Bekali dirimu dengan informasi tentang perusahaan yang cukup. Bukan hanya informasi secara umum, tetapi lebih detail tentang perusahaan tersebut. Baik melalui situs resmi maupun berita. Ini penting supaya Anda bisa tahu visi dan misi perusahaan serta bagaimana skill Anda bisa sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.


2. Maksimalkan penampilan

Sebagai seorang pemula yang datang untuk interview kerja, maka kamu tak boleh mengesampingkan penampilan. Jangan asal datang, tetapi berikan penampilan yang terbaik dan semenarik mungkin. Seperti memakai pakaian yang rapi dan bersih, menggunakan sepatu yang bersih, menata rambut dengan rapi, dan memakai sedikit parfum. Jangan lupa tersenyum. Dengan tersenyum, kamu akan terlihat lebih percaya diri. Sebaliknya, semenarik apapun penampilan kamu namun pelit senyuman, itu akan menjadi nilai minus untuk kamu.


3. Lakukan kontak mata

Tips lain menghadapi interview kerja bagi pemula adalah selalu menjaga kontak mata. Berikan tatapan penuh rasa percaya diri tetapi bukan tatapan angkuh yang menyombongkan diri. Kontak mata yang intens saat diajak berbicara menunjukkan semangat dan rasa percaya diri. Sehingga membuat lawan bicara percaya dengan apa yang kamu ungkapkan, sepanjang tidak berlebihan. Lain halnya jika kamu selalu menghindari kontak mata. Bisa menimbulkan kesan bahwa kamu tak yakin dengan apa yang kamu ucapkan. Bisa juga diartikan kamu sedang berbohong. Tentu ini tidak baik bagi penilaianmu, kan?


4. Jelaskan perihal tentangmu

Di mana pun kamu melakukan interview kerja, pertanyaan tentang siapa dirimu akan selalu muncul. Tentu saja, bagaimana perusahaan bisa menerima kamu bekerja sebelum mengenal seluk beluk kamu. Hal ini penting untuk menjadi bahan pertimbangan apakah kamu sesuai atau tidak dengan pekerjaan tersebut. Jadi, ceritakan latar belakangmu. Termasuk pendidikan maupun skill yang Anda miliki dengan singkat padat dan jelas. Jangan berputar-putar tidak karuan. Dari cerita tersebut, sedikit banyak para interviewer akan mengetahui dan mengenal latar belakangmu.


5. Jelaskan alasan yang tepat

Pertanyaan yang juga kerap kali diberikan pada pelamar saat interview ialah apa alasanmu mengajukan lamaran kerja di perusahaan tersebut. Tujuannya supaya kamu bisa memberikan jawaban yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Berikan alasan yang wajar dan objektif tanpa terkesan sedang membanggakan diri atau “menjilat” dengan keinginan agar diperhatikan. Tetapi juga jangan asal memberikan jawaban, sebab satu kata saja memengaruhi nilaimu.


6. Tonjolkan kelebihanmu

Terkadang sebagai pemula merasa dilema ketika diminta untuk menjelaskan apa saja kelebihan yang dimiliki. Ketika menghadapi interview kerja bagi pemula, rasa grogi wajar saja terjadi tetapi usahakan jangan terlalu diperlihatkan. Untuk itu, ketahui kelebihanmu yang sesuai untuk posisi pekerjaan yan ditawarkan peruahaan terebut. Lalu tonjolkan apa saja yang menjadi kelebihanmu secara singkat namun padat sesuai dengan kenyataan. Sehingga perusahaan akan merasa rugi kalau harus melewatkan kamu. Jangan sampai melebih-lebihkan kemampuan yang sebetulnya tak kamu miliki. Daripada nanti malu sendiri sebab apa yang kamu tonjolkan tak sesuai fakta yang ada.


7. Ungkapkan Kekurangan dengan Seimbang

Selain mempertanyakan kelebihan yang kamu punya, biasanya kelemahanmu pun juga tak luput dipertanyakan. Kuncinya hanya satu, yaitu jujur dan jangan memberikan jawaban yang mengada-ada. Jelaskan dan ungkapkan secara jujur apa saja yang menjadi kelemahanmutapi dengan cara yang positif dan berimbang. Intinya setiap orang punya kekurangan termasuk juga kamu, jadi jangan berbohong karena tak ada orang yang sempurna. Terkadang cara kamu menyampaikannya dan bagaimana cara mengatasinya menjadi poin tersendiri yang menarik dari diri kamu.


Menghadapi interview kerja bagi pemula memang tidak gampang. Selain pengalaman pertama, banyak hal baru yang perlu kamu pelajari sebab tak pernah diajarkan secara detail di sekolah atau kuliah. Meski demikian, yang terpenting ialah kesiapan mental, berusaha untuk selalu tenang dan rileks supaya tak ada perasaan tertekan. Plus, jalani dengan penuh semangat.


MEMBANGUN RELASI KERJA

Untuk kamu yang ingin menjadi karyawan ataupun pengusaha, membangun relasi kerja adalah hal penting dan mutlak dilakukan. Apa yang...

bottom of page