top of page
Berita edit.jpg

Berita

KIAT MENCARI KERJA DITENGAH PANDEMI

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tapi juga ekonomi. Akibat merebaknya virus corona, beberapa perusahaan tidak bisa berjalan dengan maksimal sehingga menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK).


Tak mudah menjadi pengangguran di tengah krisis. Terlebih, akan sangat sulit pula jika harus mendaftar dan mencari pekerjaan baru guna menafkahi keluarga. Namun, bukan berarti tak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.


Situs CNBC dan Forbes membagikan beberapa cara melihat peluang agar diterima bekerja di tengah wabah Covid-19. Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun, termasuk mencari kerja dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.


1. Memperbaharui CV dan melihat lowongan pada situs lapangan kerja online

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah senantiasa memperbaharui Curriculum Vitae (CV) sebab perusahaan selalu menilai kemampuan berdasarkan apa yang sudah dikerjakan dari masa lampau hingga sebelum mendaftar kerja. Jangan lupa pula untuk melihat dan mendaftar pada situs lapangan kerja daring. Beberapa di antaranya termasuk LinkedIn, Jobvite, dan Jobstreet.


2. Mendaftar pada perusahaan yang banyak dibutuhkan selama pandemi

Melihat peluang lain, Anda juga disarankan mencoba peruntungan pada perusahaan yang banyak dibutuhkan selama pandemi Covid-19. Contohnya adalah perusahaan obat-obatan, tenaga medis, pembuat masker dan alat pelindung diri, hingga kurir pengantar barang.


Berdasarkan survei dari Society of Human Resource Management (SHRM), 31 persen bidang kesehatan membutuhkan tenaga tambahan. Begitu pula dengan rekrutmen penjualan online yang meningkat 16 persen karena kebutuhan berbelanja secara virtual di tengah pandemi Covid-19.


3. Mencari peluang lewat jejaring

Cara efektif lainnya dalam mencari pekerjaan yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan jejaring sosial atau teman-teman di sekitar. Tentu ada beberapa teman yang mungkin memiliki posisi atau pengaruh dalam suatu perusahaan. Jika ada lowongan kerja yang cocok dengan kriteria Anda, mereka pasti bisa membantu merekomendasikan untuk masuk.


4. Membuka lapangan kerja sendiri

Jika ingin cepat bekerja dan memperoleh penghasilan, Anda juga bisa menjadi wirausahawan. Namun, perlu dipahami mencari jenis barang atau jasa yang akan ditawarkan harus terencana dengan matang sebab akan berdampak pada kesuksesan dalam menjalani bisnis. Sebaiknya, bisnis yang dibuka adalah sesuatu yang dibutuhkan di tengah pandemi. Harapannya laku di pasaran dan Anda bisa mendapat keuntungan.


MEMBANGUN RELASI KERJA

Untuk kamu yang ingin menjadi karyawan ataupun pengusaha, membangun relasi kerja adalah hal penting dan mutlak dilakukan. Apa yang...

bottom of page