Customer Focus: Keberhasilan Strategi Anugrah Argon Medica

17 Januari 2022



Anugrah Argon Medica sebagai perusahaan distributor farmasi dan alat kesehatan di Indonesia terus memperkuat kepercayaan pelanggan khususnya di era pandemi Covid-19 dengan meningkatkan kerjasama bisnis dan semakin memastikan kualitas layanan. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan perusahaan farmasi dan alat kesehatan multinasional asal Jerman B.Braun sebagai partner prinsipal baru pada tahun 2022.


"Kerjasama kita mulai pada Januari 2022, di mana kita mendistribusikan salah satu unit bisnis dari B.Braun. Kerjasama dengan B.Braun ini sebagai upaya untuk mengembangkan portfolio bisnis medical device yang ada di AAM," kata Presiden Direktur Anugrah Argon Medica (AAM) Ibu Juliwaty, di Jakarta.


Melalui kerjasama ini, AAM dengan jaringan distribusi yang kuat dan luas di seluruh Indonesia, mendustribusikannya ke seluruh channel rumah sakit dan klinik.


AAM Lebih dari 40 Tahun di Indonesia

AAM merupakan mitra terpercaya di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam mendistribusikan produk farmasi, alat kesehatan, dan produk konsumer kesehatan. AAM berupaya untuk mendistribusikan produk agar terjaga kualitasnya, tepat waktu, mudah diakses, dan terjaga ketersediaannya bagi pelanggan dan seluruh segmen masyarakat.

Sebagai salah satu perusahaan distributor produk farmasi, alat kesehatan, dan produk konsumer kesehatan, AAM memiliki beberapa kategori bisnis. Mulai dari ethical bisnis yang merupakan kontributor terbesar, kategori lainnya adalah alat kesehatan, consumer health product, dan speciality segmen produk.


Bisnis AAM diperkuat dengan fasilitas National Distribution Center (NDC). Pada 2017 NDC meningkatkan kapasitas dan kemampuan distribusi dengan memperluas area penyimpanan nasional dan melengkapinya dengan sistem penyimpanan Very Narrow Aisle (VNA) pallet racking dan teknologi Software Defined Wide Area Network (SDWAN) untuk meningkatkan efisiensi dan stabilitas koneksi antarcabang dan kantor pusat.


Selama lebih dari 40 tahun, bisnis AAM diperkuat dengan keberadaan mitra dan para prinsipal bisnis baik perusahaan domestik maupun multinasional. "Kita memiliki partner-partner yang cukup lama, dan umumnya ada yang lebih dari 25 tahun berpartner. Hal itu karena kerjasama ini membangun kepercayaan, service yang baik, dan operasional yang excellent," kata Ibu Juliwaty.


Selain itu, menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19, AAM menjual serta mendistribusikan produk farmasi dan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19. Hal ini sebagai kontribusi AAM dalam mendukung ketersediaan obat-obatan dan alat kesehatan bagi pasien Covid-19 di Indonesia.



Fasilitas Berstandar WHO

Menghadapi tantangan bisnis di masa pandemi, Ibu Juliwaty mengemukakan, bahwa AAM harus beroperasi dengan mengedepankan proses yang efisien dan efektif, tetapi juga bisa memberikan nilai tambah pada tingkat kepuasan pelanggan. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana AAM menjamin keamanan dan kualitas produk sampai di tangan konsumen baik apotik, rumah sakit, toko obat, maupun modern market.


Untuk memberikan layanan yang menjamin kualitas dan keamanannya, AAM telah menjalankan prosedur kualitas dan melengkapi fasilitasnya dengan sertifikasi berstandar internasional maupun nasional.


Sejumlah sertfikasi yang diperoleh AAM mulai dari Good Storage and Distribution Practices dari World Health Organization, Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dari Badan POM RI, Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB) dari Kementerian Kesehatan RI, Sertifikasi ISO 9001 untuk Quality Management System, hingga Sertifikat Authorized Economic Operator dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dan Sertifikat Status Implementasi Sistem Jaminan Halal Kategori A dari LPPOM-MUI.


Penghargaan untuk AAM sebagai Apresiasi Kepercayaan Pelanggan

Atas komitmen AAM sebagai perusahaan terpercaya dalam memberikan kualitas layanan bagi para partner sebagai pelanggan, di tahun 2021 ini AAM mendapatkan dua apresiasi.

Dua apresiasi tersebut adalah Indonesia Customer Service Champion 2021 dari Majalah SWA dan anugerah dari Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Seluruh Indonesia atau HISFARSI sebagai distributor obat terfavorit.


Dua apresiasi yang diterima AAM ini diperoleh karena komitmen terhadap pelayanan, seperti proses pemesanan produk yang ditunjang oleh tenaga field force, pemesanan melalui sistem aplikasi secara real time, serta penggunaan warehouse management system yang sejalan dengan penerapan good storage and distribution practices dan cara distribusi obat yang baik.


"Karenanya kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan selama tahun 2021. Banyak hal-hal yang telah kita lakukan untuk mencapai itu sebagai tolak ukur kepuasan pelanggan baik dari partner dan prinsipal. Ini menjadi challenge kita, bagaimana AAM bisa terus meningkatkan layanan kepada pelanggan," kata Ibu Juliwaty.


Ke depannya, AAM akan terus meningkatkan layanan pelanggan yang tersebar di seluruh Nusantara. Layanan solusi digital menjadi salah satu fitur yang saat ini fokus dikembangkan oleh AAM melalui Integrated Purchase Order System (IPOS). IPOS merupakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan berbagai fitur lain yang akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan ke AAM.


Telah terbit di swaonline.com, 17 Januari 2022


Berita edit.jpg

Berita